Review Pintu : All In One Crypto App Terbaik di Indonesia

No comments
Bicara soal crypto, saya teringat masa pandemi sebagai titik di mana investasi jenis ini naik daun di Indonesia. Yang saya tangkap, justru meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya berinvestasi. Termasuk saya. Siapa sangka Covid-19 akan terjadi dan melumpuhkan banyak hal.  Bahkan hantamannya menjalar hingga ke lingkup terkecil. 

Review Pintu  All In One Crypto App Terbaik di Indonesia

Itu baru yang berurusan dengan alam. Yang bersifat lebih personal tentu tak boleh disepelekan. Misalnya ditimpa kemalangan, jatuh sakit, atau mungkin salah perhitungan dalam usaha. 

Ya, hidup memang penuh kejutan. Tak ada yang menjamin akan selalu baik-baik saja. Kita butuh "pegangan" di masa-masa sulit, juga masa depan. Dan investasi memiliki kekuatan untuk itu.

Jujur, crypto ini sangat menarik bagi saya karena berbeda dengan jenis investasi sebelumnya yang pernah saya kenal. Teknologi lah yang jadi keunggulan utamanya. 

Apalagi di Februari 2021, Tesla Inc. milik Elon Musk dikabarkan membeli Bitcoin sebanyak Rp21 triliun. Jangankan yang sudah senior di bidang investasi, saya yang masih awam saja jadi ikutan penasaran karena fenomena ini. Tak mungkin Elon Musk asal menanamkan uang segitu banyaknya kalau tidak ada peluang keuntungan di sana. Iya, kan? 

Tapi, jangan sampai FOMO juga, mesti dipelajari betul-betul sebelum ikut trading crypto. Ini yang saya terapkan pada diri sendiri. Untungnya, limpahan sumber belajar di internet sangat bisa dimanfaatkan untuk menggali sebanyak mungkin informasi. Ternyata, investasi crypto semakin menjanjikan lo di tahun 2024 ini dan tahun-tahun mendatang.


Teknologi di Balik Investasi Crypto 

Teknologi di Balik Investasi Crypto

Pilihan jenis investasi yang tepat, tetaplah yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Mengingat setiap jenis investasi pun memiliki karakter berbeda, yang sejauh pemahaman saya, ada plus-minus-nya. Tapi, bila disuruh memilih, saya membutuhkan investasi yang praktis, jelas, dan transparan. Ibu rumah tangga juga boleh dong berpikir jauh ke depan dan mengusahakan passive income? Malah kalau bagi saya, ini penting buat siapa saja.

Saya bisa memahami kenapa generasi milenial menjadi yang paling banyak berinvestasi crypto. Mengutip iNews.id, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mencatat bahwa investor aset crypto didominasi milenial (usia 18-35 tahun). Jumlah investor milenial ini mencapai 48 persen dari total investor crypto .

Saya generasi milenial. Adanya keterbatasan pasokan yang bisa membuat aset crypto menjadi langka pada akhirnya, serta penerapan teknologi canggihnya, menjadi keistimewaan tersendiri dan membuatnya bernilai. Pastinya juga menjawab pergeseran gaya hidup masa kini yang lebih akrab dengan teknologi. 

Perlindungan berbagai algoritma, enkripsi, dan kriptografi teknologi blockchain dalam cryptocurrency menjamin keamanan transaksi online meskipun tanpa campur tangan pihak ketiga. Lebih lengkapnya, melansir dari Pintu, teknologi blockchain menawarkan 3 keuntungan berikut.

✅ Transparansi

Blockchain memiliki sistem buku catatan digital yang berisi semua transaksi yang pernah dilakukan. Sehingga tingkatan transparansi pada aset crypto tidak akan dijumpai dalam sistem finansial lainnya. Pengguna bebas menggali informasi lengkap mengenai aset crypto yang diincar/dimiliki karena dapat diakses secara publik.

 Desentralisasi

Umumnya, sistem perekonomian selalu tersentralisasi. Di mana sistem berjalan dan diatur oleh sekelompok orang, perusahaan, atau organisasi tertentu. Soal keamanan, ini punya kelemahan. Pelaku kejahatan akan langsung menarget pilar-pilar utama untuk melumpuhkan sistem atau melakukan tindak merugikan lainnya.

Nah, sistem terdesentralisasai pada cryptocurrency sukses menghilangkan titik-titik yang menjadi pilar sistem tersebut dan membuat aktivitasnya terjadi secara peer-to-peer atau antar individu. Secara tidak langsung, ini juga memastikan privasi kita terjaga karena aktivitas yang lakukan tidak dicatat dan direkam oleh pihak ketiga.

 Borderless

Transaksi lintas negara masih membutuhkan pihak ketiga? Beda mata uang, mesti dikonversikan biar jelas nominalnya. Bahkan ada tambahan biaya transaksi pula. Tenang, ini tak berlaku pada crypto. Aset crypto tidak dibatasi oleh batas negara (borderless). Aset seperti Bitcoin atau Ether bersifat global dan tidak perlu konversi apapun ketika ingin mengirimnya ke negara mana pun. 

Serunya lagi, dunia crypto diwarnai kehadiran berbagai forum dan komunitas yang dapat diikuti. Seperti Reddit, Bitcointalk, Stack Exchange, Cryptocurrency Talk, Forum Bitcoin Indonesia, Pintu Telegram, dan masih banyak lagi. Jangan salah, kehadiran forum dan komunitas ini bisa menjadi bahan pertimbangan dan kepercayaan terhadap jenis aset crypto.

Kalau dipikir-pikir, meski aset digital crypto ini tidak terlihat secara fisik, bukan berarti tidak nyata. Sama halnya dengan uang kita di bank, termasuk ketika uang yang masuk dan keluarnya pun cashless. Kita percaya kan kalau uang itu ada? Investasi crypto pun juga begitu. Karena yang digital, bukan berarti tidak ada dan tidak bernilai.

Lalu, Bagaimana dengan Regulasinya? 

Regulasi crypto di Indonesia

Di beberapa negara, crypto sudah menjadi alat pembayaran, bahkan ATM Bitcoin pun tersedia. Kecurangan semakin tertangani, iklan-iklan tidak mendidik dilarang, serta regulasi dan infrastrukturnya pun semakin matang.

Di Indonesia, crypto memang belum menjadi alat pembayaran, namun sudah diakui secara legal oleh pemerintah sejak tahun 2018 sebagai suatu komoditi yang diperdagangkan melalui Peraturan Kementerian Perdagangan.  Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang berada di bawah pengawasan Kementerian Perdagangan RI merupakan regulatornya. Bahkan, pada Januari 2025 mendatang, pengaturan aset crypto akan dialihkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Payung hukumnya pun sangat jelas dengan terbitnya regulasi-regulasi yang dirancang demi melindungi semua pihak yang terlibat dalam investasi crypto. Berikut yang berlaku.
  • Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto di Bursa Komoditi sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bappebti Nomor 13 Tahun 2022.
  • Peraturan Bappebti Badan Pengawas Perdagangan Komoditi Nomor 4 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Komoditi Nomor 11 Tahun 2022 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto.
  • Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pembinaan dan Penguatan Sektor Jasa Keuangan (Omnibus Law Keuangan).

Sebagai pemula, semua ini menjadi informasi dan landasan berharga bagi saya untuk lebih dalam mengenal investasi crypto. Sejauh pemahaman saya, setiap mata uang crypto memiliki karakteristik unik yang juga bisa dipelajari. Misal dari track kinerjanya beberapa tahun belakangan, pengembangnya, rencana masa depannya, dan komunitasnya. 

Tentunya dengan regulasi yang melindungi, investasi crypto layak dipertimbangkan. Atau sudah siap berinvestasi di tahun ini? Intip deh website Pintu, ada bocoran berkala tentang crypto terbaik yang disaranan. Misal untuk Agustus lalu ada Solana, Bitcoin, Uniswap, MAGA, dan Poodlana yang masing-masingnya memiliki potensi untuk membuahkan keuntungan. 

Kurang enak apa lagi coba? Teknologi memang memudahkan kita, ya. 
 

Review Pintu : All In One Crypto App Terbaik di Indonesia untuk Pemula Hingga yang Pro

Review Pintu  All In One Crypto App Terbaik di Indonesia untuk Pemula Hingga yang Pro

Perihal kepraktisan dalam investasi crypto, Pintu patut dikatakan sebagai aplikasi lengkapnya, bahkan untuk pemula seperti saya. All In One Crypto App Terbaik di Indonesia rasanya tidak berlebihan menggambarkan Pintu.

Pintu merupakan sarana untuk membeli, menjual, menyimpan, mengirim, serta mempelajari mata uang crypto. Semuanya bisa dilakukan lewat satu aplikasi smartphone saja!

Ketika pertama membuka website Pintu, waktu itu masih belum instal aplikasinya karena mau cari tahu dulu, saya sangat terbantu dengan salah fitur Simulasi Nabung Rutin yang dapat menggambarkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu bila berinvestasi di mata uang crypto yang dipilih.

Sejauh ini, yang saya incar adalah investasi Bitcoin. Meski sempat mengalami pasang-surut, nyatanya nilai Bitcoin semakin terdepan. Bahkan diprediksi akan terus naik di tahun-tahun mendatang. Saya melihat harga per tanggal 13 September 2024 jam setengah 10 malam di Pintu, berada di angka Rp896.008.25. Bikin merinding, mengingat di tahun 2011 harganya hanya 1 dollar.

Walau harganya ratusan juta, kita tidak harus berinvestasi sebanyak itu, kok. Mulai dari 11.000 rupiah, bisa langsung investasi. Melegakan di kantong, ya. Makanya, saya cobalah simulasi andai membeli Bitcoin seharga jajan cemilan yang saya beli di sekolah anak atau segelas kopi kekinian, yaitu Rp20.000 sejak September 2021, bila ditotalkan modal awalnya Rp3.120.000, sekarang sudah bertambah lebih dari 100% menjadi Rp6.319.663. Daebak!

Simulasi investasi Bitcoin di Pintu

Dengan kejelasan informasi dan simulasi, serta grafik yang bisa dipantau setiap hari, Pintu layak dijadikan pilihan terbaik untuk memulai investasi crypto. Benar, banyak sekali keunggulan yang sangat membantu. Pintu memiliki berbagai fitur untuk mendukung pengguna dari yang mulai masuk ke dunia crypto

Malah kalau sudah instal aplikasi Pintu di smartphone, akan jauh lebih praktis lagi. Cukup dari genggaman, segala kebutuhan investasi crypto, bisa dilakukan dengan mudahnya. Agar lebih jelas, yuk, kita bahas lebih detail. Agar teman-teman yang juga tertarik untuk mempelajari, memulai berinvetasi, bahkan yang sudah lebih dahulu terjun, bisa mendapat referensi yang utuh.

🌸 Jual-Beli Crypto Anti Ribet

Jual-Beli Crypto Anti Ribet

Keamanan pasti menjadi pertimbangan pertama yang mesti dipastikan ketika hendak berivestasi. Aplikasi Pintu sudah sudah terdaftar dan diawasi BAPPEBTI, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta tersertifikasi ISO 27001. Kepercayaan pengguna pun terbukti dari lebih 1 juta unduhan di Google Play.

Seperti yang sudah saya tulis juga sebelumnya, pembelian crypto di Pintu dapat dimulai dari Rp11.000 saja. Ramah banget di kantong dan rasanya bisa menjangkau luas berbagai kalangan. Betul, kan? Saya yang ibu rumah tangga saja, sangat memungkinkan untuk menyisihkan uang belanja dengan nominal tersebut. 

Cara jual-beli aset crypto di pintu tak akan bikin ribet. Gampang dan cepat. Cuma 4 step! Pastikan sudah mendeposit saldo Rupiah terlebih dahulu, ya.
  1. Masuk ke halaman Market. Bisa dengan mengetuk salah satu aset yang tampil di Watchlist pada halaman Beranda, atau dengan masuk ke menu Market yang ada di bagian bawah, kemudian ketuk aset crypto yang akan dibeli atau dijual.
  2. Klik tombol Beli atau Jual.
  3. Input nominal aset crypto yang ingin dibeli atau dijual. Boleh dalam rupiah, maupun satuan aset crypto-nya. Pintu akan menghitung nilai aset crypto berdasarkan harga saat transaksi dilakukan.
  4. Konfirmasi pembelian atau penjualan. Bila sudah sesuai, langsung klik tombol Beli Sekarang atau Jual Sekarang.

Done! Secepat itu. Bahkan kita bisa mengirim aset crypto ke sesama pengguna Pintu secara gratis atau ke blockchain, dengan memasukkan wallet address penerima. Selain itu, melakukan trading di Pintu juga free dan biaya withdraw hanya Rp4.500. Jadi, kita bisa fokus dengan dana untuk investasi berkat keringanan ini.

Bagi saya yang masih pemula, kesederhanaan tampilan dan proses menjadi sesuatu yang spesial. Soalnya, yang namanya investasi, jual-beli adalah inti. Saya juga bisa melihat sejauh mana pergerakan aset crypto yang saya miliki melalui grafik yang terus diperbarui setiap waktu. Sehingga analisis-analisis kecil pun bisa saya lakukan berbekal sedikit ilmu karena baru menyelami dunia investasi crypto. Namanya juga proses, nanti seiring berjalannya, analisis ini pasti akan berkembang dengan parameter yang lebih kompleks. Pintu Pro siap menanti kalau sudah sampai di tahap itu. Nanti juga akan kita bahas soal Pintu Pro ini.

🌸 Pintu Web3 Wallet, Kebebasan dari Satu Crypto Wallet

Pintu Web3 Wallet, Kebebasan dari Satu Crypto Wallet

FYI, Pintu merupakan exchange pertama yang menghadirkan fitur Web3 Wallet di Indonesia yang memudahkan pengguna untuk trading, mengakses berbagai decentralized App (dApp), staking, airdrop hunting, serta mengelola aset crypto dan NFT. 

Wallet ini menggunakan teknologi Multi-Party Computation (MPC) dan memiliki fitur-fitur penting seperti Web3 Firewall yang memberi lapisan keamanan tambahan untuk memastikan transaksi pengguna tetap aman dan terlindungi, serta Cloud backup untuk menyimpan MPC key share di layanan cloud pribadi pengguna.

Pintu Web3 Wallet mendukung beberapa jaringan blockchain populer, termasuk Ethereum, BNB Smart Chain, Polygon, dan Arbitrum. Ini jelas sangat memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan dApps yang berjalan di berbagai blockchain tanpa harus mengelola banyak crypto wallet secara terpisah. Bukan hanya kepraktisan, kombinasi fitur-fitur dari Pintu Web3 Wallet juga berhasil membuat pengguna dapat menjelajahi ekosistem Web3 via WalletConnect dengan mudah, nyaman, dan pastinya aman.

Salah satu yang seru untuk dicoba adalah airdrop hunting. Dengan modal minim, kita berpeluang mendapat keuntungan besar. Bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah! Siapa yang enggak mau coba? 

Jadi, Airdrop crypto memberikan kesempatan bagi siapapun untuk mendapatkan token crypto secara cuma-cuma dengan melakukan aktivitas di jaringan platform suatu proyek crypto sebelum proyek merilis token. Aktivitas pencarian airdrop beragam, sesuai dengan ketentuan  masing-masing platform. Beberapa proyek crypto yang berpotensi memberikan airdrop kepada penggunanya menggunakan Pintu Web3 Wallet ada Kinza Finance, Hyperliquid, atau Io.net.

Untuk melakukannya, cukup dengan mengikuti salah satu dari 2 cara langkah berikut. Tapi jangan lupa, aktifkan dulu Pintu Web3 Wallet-nya, ya.

Melalui Pindai Kode QR
  1. Buka platform dApp yang ingin digunakan di browser, lalu klik Connect Wallet.
  2. Pilih WalletConnect untuk melihat kode QR.
  3. Pada aplikasi Pintu, pilih Web3.
  4. Klik WalletConnect.
  5. Pindai kode QR.
  6. Setelah memindai Kode QR, klik Hubungkan untuk menghubungkan Pintu Web3 Wallet ke platform dApp.
  7. Konfirmasi dengan FaceID atau masukan PIN.
  8. Selesai! Kita berhasil terhubung dengan platform dApp dan siap berburu airdrop.

Dengan Menyalin URL dApp
  1. Buka platform dApp yang ingin digunakan di browser, lalu klik Connect Wallet.
  2. Pilih WalletConnect.
  3. Lalu akan muncul pilihan beberapa wallets. Klik ikon kode QR.
  4. Setelah muncul kode QR, salin URL dApp dengan klik ikon copy.
  5. Buka aplikasi Pintu, pilih Web3, lalu klik WalletConnect.
  6. Paste URL di kanan atas layar.
  7. Klik Hubungkan untuk menghubungkan Pintu Web3 Wallet ke platform dApp.
  8. Konfirmasi dengan FaceID atau masukan PIN.
  9. Yes, berhasil terhubung dengan platform dApp! Langsung deh hunting airdrop.

🌸 Investasikan Lagi Aset Crypto di Pintu Earn

Investasikan Lagi Aset Crypto di Pintu Earn

Keuntungannya jadi dobel-dobel. Sudahlah kita berinvestasi di crypto, aset crypto tersebut bisa diinvestasikan lagi. Nah, Pintu Earn ini adalah salah satu fitur Pintu yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk menyimpan aset crypto dan memperoleh imbal hasil dari aset yang disimpan tersebut. Bahkan imbal hasilnya terakumulasi tiap jam!

Pintu Earn ini dihadirkan dalam 2 versi, yaitu Flexi dan Locked yang dapat disesuikan dengan kebutuhan investasi kita.

Flexi Earn
Fitur Pintu Flexi Earn lebih unggul dalam memberikan fleksibilitas investasi. Memungkinkan kita untuk menarik aset crypto kapan saja tanpa terikat periode tertentu. Keuntungan terbesar dari Flexi Earn terletak pada akumulasi imbal hasil yang terjadi setiap jam dan dibayarkan per 12 jam, yaitu pada pukul 00:00 WIB dan 12:00 WIB. Memantaunya gampang, tinggal lihat saja dompet Pintu Earn. Kita pun bisa top-up dan menarik kapan saja.

Locked Earn
Selanjutnya, ada fitur Pintu Locked Earn yang menawarkan imbal hasil tahunan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Flexi Earn. Syaratnya, dana akan terikat selama periode waktu tertentu, yaitu 30 hari atau 90 hari yang bisa dipilih. Jadi, selama periode belum habis, maka dana kita dikunci.

Tidak ada mana yang paling bagus, melainkan mana yang paling tepat. Saya justru lebih tertarik dengan Locked Earn biar aset yang saya punya "anteng" tanpa dihantui hasutan-hasutan untuk ditarik dan dipakai untuk hal yang tidak penting. Maklum, saya suka emosional kalau lagi pengin sesuatu, hehe.

Enaknya, top-up saldo di Pintu Earn tidak ada nilai minimumnya, alias bisa top-up dengan nominal berapapun. Tapi, jangan kecil-kecil amat biar terasa imbal hasilnya. Dapat dilihat juga tab Bunga tiap jamnya. Kalau tidak ada penambahan, maka kita perlu menambahkan jumlah saldo di dompet Earn dari aset yang dimiliki.

Penting juga diketahui bahwa nilai suku imbal hasil setiap aset crypto bisa berbeda dan mungkin dapat berubah sewaktu-waktu. Jenis aset crypto yang kita dapatkan akan sama dengan jenis aset crypto yang dinvestasikan. Misal kita menyimpan aset BTC di Pintu Earn, maka yang diperoleh juga imbal hasil dalam bentuk BTC. Untuk update besaran imbal hasil Pintu Earn, tersedia di laman resmi Pintu Earn.

Saat ini, aset crypto yang bisa investasikan di Pintu Earn adalah Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Binance, Coin (BNB), Dogecoin (DOGE), Tether (USDT), USD Coin (USDC), Polygon (MATIC), The Sandbox (SAND), REN (REN), Solana (SOL), Cardano (ADA), Kusama (KSM), Lido DAO (LDO), dan Near (NEAR). Ke depannya, Pintu akan menambah jenis aset crypto yang dapat diinvestasikan di Pintu Earn.


🌸 PTU Staking, Passive Income Coming

PTU Staking, Passive Income Coming

Masih ada lagi tawaran dobel keuntungan dari Pintu melalui fitur PTU Staking. Konsepnya sama dengan deposito di bank, aset PTU yang kita miliki akan di kunci dalam kurun waktu tertentu. Ini cocok untuk yang ingin mendapatkan passive income secara jangka panjang karena bunganya tahunan. 

Jadi, staking ini adalah proses di mana investor mengunci crypto-nya ke dompet digital untuk mendukung validasi transaksi sebuah jaringan proof-of-stake. Staking di Pintu memberikan keuntungan berupa bunga tahunan 7-12%, bonus komisi, gratis penarikan Rupiah, dan gratis kirim ke blockchain. Selain itu, ada juga benefit voucher potongan belanja, makanan dan minuman, travel, serta voucher lifestyle lainnya. 

PTU atau Pintu Token merupakan token ERC-20 yang didesain untuk mendukung ekosistem dan komunitas Pintu. Token ini bisa didapat dengan cara membelinya pada halaman Market di aplikasi Pintu. Jelasnya, berikut keuntungannya bila staking di Pintu.
  • Bunga sebesar 7-12% per tahun dan imbalan tersebut akan dibagikan setiap hari.
  • Kita pun berkesempatan memperoleh bonus dari referral sebesar 5-35% bonus.
  • Ketika melakukan staking PTU di Pintu, bunga yang didapat dari fitur Earn juga bisa menjadi lebih tinggi.
  • Gratis tarik Rupiah dari dompet crypto ke rekening sebanyak 1-10 kali per hari.
  • Staking PTU di Pintu menggratis biaya kirim ke blockchain untuk semua aset sebanyak 1-25 per hari.
Besaran benefit yang didapat ditentukan oleh minimum saldo token PTU yang dikunci. Semakin tinggi level staking PTU di Pintu, maka akan semakin besar imbalan yang diperoleh. Misalnya kita mengunci 200  PTU dan ini masuk ke level 1, yaitu minimun saldo terkunci 100 PTU. Kita akan mendapatkan bunga staking PTU (APR) 7% per tahun, 5% bonus komisi referral, bunga Earn lebih tinggi sampai dengan 4,25% per tahun, dan gratis tarik Rupiah 1 kali per hari. Tabel level ini juga ditulis lengkap di website Pintu.

Simulasi Pintu Earn dengan staking PTU

Untuk bunga yang lebih tinggi di fitur Pintu Earn bila kita staking di Pintu, lumayan juga lo. Saya mencoba mensimulasikan dari fitur yang juga disediakan Pintu. Misal bila staking PTU saya di level 1 dan menginvestasikan 10 BTC di Flexi Earn, selama 3 tahun akan bertambah sekitar 5,34%. Tapi bila levelnya diturunkan menjadi 0, maka hanya bertambah sekitar 3% saja.

🌸 Rutin Investasi dengan Auto DCA 

Rutin Investasi dengan Auto DCA

Kayaknya Pintu mengerti sekali kebutuhan saya yang lupaan. Bagi yang ingin nabung rutin, tapi maunya yang simpel-simpel saja, fitur Auto DCA (Dollar Cost Averaging) di Aplikasi Pintu ini cocok banget. Kita jadi bisa mengejar target finansial dari investasi crypto. 

Caranya gampang. Tinggal buka aplikasi Pintu dan klik  menu Nabung Rutin di halaman utama. Lalu pilih aset kripto yang ingin ditabung rutin, misalnya Bitcoin, Ethereum atau Altcoin crypto. Tentukan nominal pembelian dan buat jadwalnya dengan mengatur frekuensi, tanggal pembelian, dan jam yang diinginkan. Terakhir, konfirmasi untuk memastikan kembali data yang dimasukkan benar. Perjalanan menabung crypto sudah otomatis dimulai.

Pastikan saldo mencukupi saat jadwal pembelian tiba, ya. Kalau kita konsisten, apalagi buat saya yang baru mampu berinvestasi dengan nominal yang masih dibilang kecil (untungnya di Pintu bisa mulai dari Rp11.000), serasa ada dukungan untuk mengumpulkannya menjadi bukit suatu saat nanti.

🌸 Pintu Pro untuk Trader Pro

Pintu Pro untuk Trader Pro

Bagi yang sudah dahulu memasuki dunia investasi crypto, Pintu menyediakan Pintu Pro untuk memenuhi kebutuhan yang tentunya sudah berbeda dari pemula. Seperti yang saya bilang, analisis dan perhitungannya sudah lebih kompleks dan perlu fitur-fitur yang menampilkan pergerakan crypto dengan lebih detail. Pintu Pro memiliki deep liquidity, trading fee yang rendah, dan order execution yang cepat.

Dari sisi fitur, Pintu Pro menawarkan beragam eksekusi order yang lebih canggih, order book, advanced chart, portfolio management chart, dan masih banyak lagi. Semua fitur tersebut dikemas dengan interface yang tetap masih user friendly. Jadi, aktivitas trading akan lebih baik, unggul, dan memudahkan kita menerapkan beragam strategi trading ataupun melakukan analisis yang teknikal. 
  • Pintu Pro hadir dengan biaya trading yang lebih rendah. Berkat biaya transaksi yang lebih rendah, maka porsi profitabilitas yang diperoleh juga akan meningkat.
  • Pintu Pro juga menerapkan mekanisme fast order execution. Kemungkinan terjadinya slippage atau perbedaan antara harga yang diharapkan dan harga yang dieksekusi menjadi lebih kecil. Sangat penting ketika bertransaksi dalam jumlah besar atau ketika pasar sedang volatile.
  • Bisa melihat order book secara lebih detail. Karena Pintu Pro menampilkan daftar bid dan ask serta kedalaman pasar sehingga kita bisa menentukan momen untuk melakukan jual/beli dengan lebih optimal.
  • Pintu Pro mempunyai likuiditas yang lebih dalam, sehingga kita dapat melakukan transaksi jumlah besar tanpa perlu khawatir harga akan mengalami distorsi.

Pro banget sih ini, buat para suhu yang mana tahu suatu saat nanti saya juga bisa menjadi salah satu di antaranya. Pintu ramah buat pemula, dan seiring berjalannya waktu, Pintu juga sangat siap memfasilitasi ketika yang pemula itu sudah menjadi trader crypto berpengalaman.

Sebagai Pemula, Ini Alasan Pintu Jadi Rekomendasi

Sebagai Pemula, Ini Alasan Pintu Jadi Rekomendasi

Balik lagi, karena saya masih pemula, sebenarnya masih ada lagi fitur Pintu yang bagi saya pribadi sangat membantu. Untuk lebih melengkapi artikel Review Pintu : All In One Crypto App Terbaik di Indonesia, ini alasan kenapa Pintu recommended untuk dijadikan pilihan terbaik. 

✅ Aman

Yang seharusnya jadi pertimbangan pertama ketika berinvestasi. Celah kejahatan itu pasti selalu ada, apalagi investasi yang bersifat digital seperti crypto. Saya bahas sekali lagi, ya. Keamanan Pintu sudah terjamin dengan mengantongi izin resmi dari BAPPEBTI, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta tersertifikasi ISO 27001. 

Pintu juga memprioritaskan keamanan dengan autentikasi 2 faktor Google Authenticator yang memastikan keamanan aktivitas transaksi, akses biometrik dengan scan wajah dan sidik jari agar akun Pintu hanya bisa diakses oleh pemiliknya, serta aset yang disimpan utuh di Fireblocks, kustodian kelas dunia. yang memastikan aset selalu aman.

✅ Mudah dan Praktis

Pemula kalau dikasih yang susah-susah, pasti akan kesusahan. Kadang malah bikin malas berinvestasi.  Iya, kan? Tapi, Pintu memberi kemudahan dan kepraktisan dalam penggunaanya sehingga saya yang masih benar-benar pemula bisa paham sejak pertama. Jelas alurnya, menunya, minimalis tampilannya, serta prosesnya yang tidak berbelit-belit dan cepat. Bahkan saya bisa langsung mengerti grafik pergerakan aset crypto yang ditampilkan. All In One Crypto App Terbaik di Indonesia untuk pemula pokoknya.

✅ Bisa Mulai Investasi dari Rp11.000

Saya yang sebelumnya berpikiran bahwa investasi Bitcoin itu mahal, karena memang ini yang saya incar dan harga per satunya kini mencapai ratusan juta, serasa dibukakan gerbang oleh Pintu untuk tak lagi terbebani. Ternyata hanya dengan 11.000, saya sudah bisa investasi. Malah lebih murah dari satu porsi bakso yang sering saya beli di dekat rumah.

Satu lagi, banyak pilihan aset crypto-nya. Meski investasi Bitcoin yang sampai detik ini saya inginkan, tidak menutup kemungkinan akan mencoba investasi jenis crypto yang lain. Di Pintu, kita bisa trading lebih dari 300 koin crypto dengan rupiah. Banyak sekali!

✅ Bisa Otomatis Nabung Rutin 

Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Saya percaya sekali ini pepatah ini dalam banyak hal, termasuk berinvestasi. Menabung belasan ribu kalau rutin, lama-lama pasti terkumpul banyak. Pintu Auto DCA menjadi keunggulan selanjutnya yang sangat membantu pemula, yang masih belum bisa berinvestasi sekaligus dalam jumlah banyak. 

✅ Layanan Pintu Chat Support 24/7 

Pintu tidak akan melepas penggunanya bergelut sendiri dengan Pintu. Kalau sudah pro sih mungkin sudah mampu melakukan ini-itu sendiri. Tapi yang pemula, butuh sekali yang namanya tempat bertanya atau bantuan. Nah, Pintu menyediakan layanan Chat Support 24 jam dan non stop 7 hari seminggu untuk menjawab pertanyaan dan membantu seputar aplikasi Pintu. Di aplikasi Pintu, tinggal klik Account, lalu Chat Support

✅ Bisa Belajar Crypto di Pintu Academy

Mau investasi crypto tapi enggak mau belajar? Jangan ya, Dek, ya, hehe. Ini juga cambukan buat diri sendiri yang masih banyak tidak tahunya soal crypto, tapi ingin investasi crypto. Pintu sebagai All In One Crypto App Terbaik di Indonesia, sampai ke media belajar pun tersedia, yaitu Pintu Academy. Platform terlengkap untuk belajar semua tentang crypto.

Dari banyak materi unggahan Pintu Academy yang saya baca, materinya sangat mudah dimengerti dan to the poin tepat sasaran. Ada tab tingkatannya, pemula, menengah, dan ahli. Kalau menyertakan istilah-istilah crypto, dijelaskan dengan baik. Tentu saja ini bisa dimanfaatkan sebagai bekal berharga untuk berinvestasi crypto. Rasanya hingga nanti sudah berpengalaman pun, akan tetap memerlukannya karena yang bersifat digital itu pesat sekali perkembangannya.

✅ Memberi Peluang untuk Keuntungan Berlipat

Enggak dosa dong kalau kita memaksimalkan apa yang dimiliki untuk mendapatkan sesuatu yang lebih? Aset crypto yang kita beli untuk berinvestasi, ternyata bisa diinvestasikan lagi. Selain mendapat keuntungan dari pergerakan aset itu sendiri, dengan Pintu Earn dan PTU Staking, keuntungan yang didapatkan akan lebih banyak. Dari pada asetnya diam saja, mending dikelola lagi oleh Pintu untuk tambahan passive income. Jadi ingat dulu saat baru menikah sama suami. Mendapatkan passive income adalah salah satu tujuan kami dan masih diupayakan sampai sekarang. 

✅ Komunitas Pintu

Pernah merasakan manfaat luar biasa dari berkomunitas? Tos, kita sama. Pintu punya lo komunitas yang bisa dijadikan para pemula sebagai wadah belajar. Meski bisa dipelajari otodidak, berkumpul bersama orang-orang yang memiliki ketertarikan sama, akan memberi ilmu-ilmu yang didasari pengalaman. Bukan sekadar teori, tapi dialami sendiri. Caranya, silakan gabung ke Telegram official PINTU di https://t.me/pintuannouncements dan juga Discord official PINTU di laman https://discord.com/invite/pintuindonesia.

Wah, menjabarkannya seperti ini, makin jelas tergambar bahwa investasi crypto bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak harus menunggu menjadi profesional dulu, dengan ilmu trading setingkat pakar. Pintu sebagai aplikasi kripto terbaik berhasil mengemas aktivitas investasi crypto dalam satu aplikasi lengkap, mudah digunakan bahkan oleh pemula, dan dimulai dari harga rendah. 

Pastikan selalu memilih bursa atau platform yang tepercaya dan bereputasi baik agar aman, melakukan riset dan mengikuti perkembangannya, serta berinvestasi sesuai kemampuan. 

Yuk, instal aplikasi Pintu dan sama-sama kita coba kelengkapan fiturnya untuk berinvestasi crypto. Buat sesama pemula, kita tak perlu pusing lagi karena ada Pintu yang sangat memudahkan.

Semoga bermanfaat. 

Referensi

https://pintu.co.id/
Investor Kripto Didominasi Milenial, Bappebti: Perlu Literasi. Tautan: https://www.inews.id/finance/bisnis/investor-kripto-didominasi-milenial-bappebti-perlu-literasi
Media Asing Soroti Kripto RI, Singgung Jumlah Investor dan Aturan. Tautan: https://www.cnbcindonesia.com/market/20240326085317-17-525383/media-asing-soroti-kripto-ri-singgung-jumlah-investor-dan-aturan

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)